SEBUTAN ANAK KOLONG

on Rabu, 03 November 2010

 Anak kolong adalah sebutan dalam bahasa sehari-hari untuk anak tentara dan atau anak yang besar di tangsi tentara. Istilah ini telah dipakai sejak masa penjajahan belanda di indonesia
Asal-usul istilah ini berasal dari keadaan tangsi anggota TNI yang sangat memprihatinkan. Tentara yang berkeluarga ditempatkan pada asrama dengan ukuran kecil dan berhimpitan. Karena kecilnya ruangan, seringkali tidak cukup untuk ditempati lebih dari satu tempat tidur. Akibatnya anak-anak terpaksa tidur di bagian bawah dipan (kolong). Dari sinilah muncul istilah tersebut.

Dan sampai sekarang kehidupan anak kolong tidak sebagus yang anda pikirkan. hidup dengan serba sederhana. pasti and pikir hidup keluarga TNI itu enak krna memiliki gaji tetap atau sebagainya . tetapi yang anda pikirkan tidak seperti yang anda lihat sekarang. jauh di bandingkan dengan polisi yang semakin hari semakin enak!! sedangkan TNI ? Dan kami tidak suka kalau anak polisi disebut juga anak kolong !!

Menjadi anak kolong adalah suatu kebanggaan bagi saya dan mungkin seluruh ankol di indonesia . walau hidup dengan didikan militer yang slalu berbau kekerasan . apakah anda bangga menjadi seorang anak kolong ?. yang jelas kita harus bangga terutama dengan orang tua kita .walaupun hidup kita tidak ditemani harta tetapi kita memiliki rasa kebersamaan yang tinggi memiliki wilayah seperti halnya negara. dan watak anak kolong terkenal di masyarkat .

0 komentar:

Posting Komentar